Install Windows 7 dengan USB

Well, nulis lagi.

Sekarang tentang cara install Windows 7 pakai usb (flashdisk), sebenernya ini materi jadul sih, pasti pada udah jago, tp buat refresh aja, jujur gwa juga lupa step-stepnya, padahal dulu pas mahasiswa sering ngelakuin ini😀

Yo kita mulai, bagi anda-anda yang mau mulai install (yang males ngeburn atau males beli cd/dvd; if i know what i mean :p) siapkan flashdisk / usb nya atau hard disk yang kira-kira 8GB ukurannya (ambil aman aja), terus lakuin langkah-langkah ini:

  1. Mount the Windows 8 Developer Preview ISO image on your computer
  2. Format a USB flash drive
  3. Copy the Windows 8 files onto the USB flash drive
  4. Make the USB flash drive bootable
  5. Install Windows 8 from the bootable flash drive

yah bahasa indonesia dan bahasa malesnya gini:

1. Mount windows 7 file iso yang udah ada.

a

double klik aja file iso nya, ntar windows langsung bantuin mount di drive baru, kalau ga bisa install aja ultra ISO atau Daemon Tools

2. Format USB yang akan dipakai buat install, biar keren kita format pake command prompt

Masukkan USB, buka command prompt menggunakan administrator, lalu ketikkan diskpart. Command ini akan mulai tool Partisi Disk, kemudian:

DISKPART> list disk /* ngelist disk yang aktif */
DISKPART> select disk # /* # adalah number disk untuk USB */
DISKPART> clean /* delete partisi current yang ada di USB */
DISKPART> create partition primary /* membuat primari partisi di USB */
DISKPART> select partition 1 /* memilih partisi baru */
DISKPART> active /* mengaktifkan partisi */
DISKPART> format FS=NTFS /* format USB menjadi NTFS file system */
DISKPART> assign /* assign volume */
DISKPART> exit /* exit */

3. Menjadikan USB berfungsi bootable

Masih di command prompt, ketikkan direktori mount windows 7 yang sudah ada, e.g. I:\boot dimana I:\ adalah ISO image yang lagi di mounting, lalu ketikkan:

bootsect /nt60 E:  

dimana E adalah Drive USB 

4. Copy Semua direktory windows 7 ke USB, pakai command prompt:

XCOPY I:\*.* F:\ /E /F /H

I: Mount Windows 7

F: USB

5. Install dimulai, masukkan USB ke Laptop yang akan diinstall kemudian, jangan lupa set boot nya ke flashdisk (Ubah di BIOS restart pencet F2 biasanya, jadikan USB di urutan pertama, save and exit, restart)

Dan mulailah proses install, jangan lupa setelah proses expanding dan copy source windows beres (proses restart pertama) USB nya dicabut aja biar ga proses install berulang.

Selamat mencoba

Source: http://blogs.msdn.com/b/habibh/archive/2011/09/14/how-to-create-a-bootable-usb-flash-drive-to-install-windows-8-developer-preview.aspx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s