Cara simple setting Linksys WAP54G

13

Tau kan ya gambar di atas itu alat apa dan buat apa? ya betul itu adalah Linksys WAP54G (kan ada tulisannya :p), tau cara setting nya? ayo kita belajar bareng-bareng

Pertama, Colokkin dulu power dan Kabel LAN internetnya ke PC / Laptop kita

Kedua, Kita akan samakan segmen IP PC / Laptop kita dengan IP Segmen si Lynksys ini, caranya

I. Buka tools Open Network and Sharing Center, kalo yang gampang arahkan mata ke pojok kanan bawah lalu klik sekali icon wifi/LAN seperti ini:

Gambar

II. Buka Tools Change Adapter Setting, Tujuannya untuk Disable semua koneksi kecuali si Linksys ini

Gambar

III. pastikan semua koneksi Disable kecuali Lynksys, cara disable koneksi sangat gampang, tinggal klik kanan kemudian pilih Disable :p

Gambar

Maka seharusnya akan terlihat seperti ini (Semua Disable kecuali Lynksys <- tujuannya agar mencegah terjadinya konflik)

Gambar

IV. klik kanan Local Area Connection LAN dan masuk ke Properties, inget ya harus pake user Admin

Gambar

V. buka tools properties pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

Gambar

VI. Tentukan IP segmen yang akan kita samakan (Laptop/PC dengan Linksys), yaitu angka ke tiga dari IP adress:

Gambar

misal contoh di atas adalah 77, setelah semuanya beres klik button OK

– Ketiga, Configure Lynksys pada browser, caranya:

1. buka browser kemudian isikan url IP Default Linksys dengan segmen  IP yang telah disamakan, kemudian masukkan User Name dan Password

Gambar

Note: Untuk IP URL yang benar-benar baru, adalah IP yang ada di manual si Lynksysnya, apabila telah di setting sebelumnya, tanyakan lah kepada orang yang terakhir setting. hahahaha😀, kalau ga mau ribet nanya, pake aja tombol reset di devicenya, ada kok kecil banget, teken pake paku kalo perlu hihihihi

Note 2: Untuk default Username dikosongkan, hanya ada password.

2. Tentukan IP Adress, Subnet Mask dan Default Gateway terserah anda, pada tab Setup

Misal:

Gambar

Setelah melakukan perubahan jangan lupa klik Save Setting, kalau ada screen seperti ini….

Gambar

Klik aja Continue

3. Tentukan Network Name (SSID) yang akan digunakan sebagai nama network hotspot (wifi) pada tab wirelessBasic Wireless Setting.

Misal:

Gambar

4. Tentukan Passphrase yang akan berguna sebagai password network (wifi) dan pilih Network Mode WPA-Personal pada tab WirelessWireless Security

Gambar

Sekali lagi, jangan Lupa Save Setting ya :p

Bereees, Silahkan dicoba!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s