Bagaimana Menentukan Peringkat Akhir Babak Grup Euro 2012?

Bagaimana UEFA akan menentukan tim yang lolos ke babak perempat-final jika ada dua atau lebih tim yang memiliki jumlah poin yang sama?

Matchday terakhir di babak grup Euro 2012 akan hadir selama empat hari ke depan, dan inilah saatnya untuk hitung-hitungan peluang kelolosan tim-tim peserta Euro ke babak selanjutnya di matchday terakhir ini. Hal pertama yang digunakan untuk menentukan tim mana yang akan lolos ke babak perempat-final jelas poin yang berhasil dikumpulkan tim-tim peserta di tiap pertandingan yang mereka jalani di babak grup.

Namun, bagaimana menentukan kelolosan dua atau tiga tim yang memiliki jumlah nilai yang sama? Untuk mengantisipasi kondisi seperti itu, UEFA sudah memiliki peraturan tersendiri, yang baru saja diamandemen pada 20 Maret lalu. Peraturan mengenai kelolosan tim dari babak grup ini tercantum dalam poin 8.07 Regulations of the UEFA European Football Championship 2010-12.

Jika ada dua atau lebih tim yang memiliki jumlah poin yang sama di akhir babak grup, maka cara ini digunakan untuk menentukan peringkat akhir tim di babak grup:

a. Melihat jumlah poin yang diraih dari pertandingan-pertandingan yang mempertemukan tim-tim yang memiliki nilai yang sama tadi.

b. Jika jumlah poin tim-tim tadi tetap sama, maka akan dilihat selisih gol yang dihasilkan dari pertandingan-pertandingan yang mempertemukan tim-tim yang memiliki nilai yang sama tadi.

c. Jika poin b belum juga bisa menentukan siapa tim yang pantas memiliki ranking yang lebih tinggi, maka UEFA akan melihat jumlah gol yang mampu dicetak di pertandingan-pertandingan yang mempertemukan tim-tim yang memiliki nilai yang sama tadi.

d. Jika setelah menerapkan kriteria a hingga c tetapi masih ada dua tim yang memiliki ranking yang seimbang, maka kriteria a hingga c akan kembali diaplikasikan untuk kedua tim tersebut. Jika kriteria ini kembali tidak menghasilkan solusi, maka kriteria e hingga i akan digunakan.

e. UEFA akan melihat selisih gol di semua pertandingan di babak grup

f. Jika kembali tidak ditemukan jawabannya, maka akan UEFA akan memilih tim yang mampu mencetak lebih banyak gol di semua pertandingan babak grup untuk memiliki ranking yang lebih tinggi.

g. Jika kembali gagal menentukan tim yang lebih unggul, maka akan dilihat posisi di tim-tim tersebut di sistem ranking koefisien tim nasional UEFA.

h. Melihat perilaku fair play tim di putaran final

i. Jika masih mentok juga? UEFA akan mengundi tim yang beruntung!

Jadi, misalnya ada dua tim yang memiliki nilai yang sama, UEFA akan melihat hasil head-to-head dari kedua tim. Namun misalnya ada tiga tim yang memiliki nilai yang sama, maka bayangkanlah Anda membuat klasemen baru yang berisi ketiga tim dan hasil dari pertemuan ketiganya. Jadi, hasil dengan satu tim lain yang memiliki nilai berbeda tidak dimasukkan dalam perhitungan.

Baru kemudian dari sana kita melihat siapa yang memiliki nilai yang lebih tinggi dari pertemuan ketiga tim tersebut. Jika ketiga tim memiliki nilai yang sama (hal ini bisa terjadi jika ketiganya saling mengalahkan), barulah kita melihat selisih gol dalam klasemen kecil tersebut. Jika pun itu tidak mampu menjawab, UEFA kemudian akan melihat tim mana yang lebih agresif dan lebih banyak mencetak gol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s