B+E+C+A+N+D+A= bahagia

prolog: “Becanda asal kata dari ‘canda’ di tambahin awalan ‘ber’ (terbiasa disebut becanda) menurut kamus besar bahasa indonesia adalah:

1can·da n 1 tingkah; 2 kelakar; senda gurau; seloroh; 3 Mk rupa;
— gurau senda gurau: di kala matahari terbenam, mereka segera menghentikan — gurau krn harus melaksanakan salat Magrib;
ber·can·da v 1 bertingkah; 2 berkelakar; bersenda gurau; berseloroh

Alkisah (menurut para sejarawan dan arkeolog) pada masa kebudayaan dongson telah ditemukan artefak di zimbabwe berupa naskah kuno yang berisi tulisan kuno, di dalamnya menceritakan tentang guci berdarah dan bernanah. setelah mengalami pembiasan cahaya dan di kremasi selama satu minggu, lalu di bakar hidup2 dan lalu abunya ditambah garam 2 sendok, mecin 5 sendok dan bawang secukupnya, diaduk lalu tiriskan selagi hangat di atas mikroskop super mikro, pada malam jumat kliwon di atas cahaya rembulan, maka akan muncul dan terlihat sekumpulan partikel aktif yang siap meledak kapan saja, partikel keramat ini dinamakan partikel bercanda. (hosh..hosh)

yup, becanda, itu lah asal mulanya, memang tiada kejelasan yang jelas sehingga kita mendapatkan info yang jelas, tapi begitulah keadaan yang jelasnya. becanda bagi sebagian orang adalah kebutuhan, dan juga bawaan dari lahir. dengan becanda kita bisa senang dan puas meilhat orang lain tertawa dan bahagia karena lelucon kita (tingkatan paling tinggi ni, bemanfaat bagi orang lain ada di buku saku gamais :p), menghindari gosip (daripada ngegosip mending becanda kan?), mendekatkan diri dengan orang lain (mencairkan suasana), menambah erat tali silaturahim, baik bagi kesehatan karena bercanda mendorong orang untuk tertawa dan tertawa sehat bagi hidup, dan beberapa hal ilmiah tentang manfaat tertawa:

1.Rasa nyeri atau sakit akan berkurang setelah tertawa. Tertawa tidak saja bisa mengurangi rasa sakit tapi juga meningkatkan kekebalan tubuh. (Rosemary Cogan dari Texas Tech University).

2.Tertawa terbahak-bahak sangat bermanfaat bagi orang sehat. Tertawa bisa menggoyang-goyangkan otot perut, dada, bahu, serta pernapasan, sehingga membuat tubuh seakan-akan sedang joging di tempat. Sesudah tertawa tubuh terasa rileks dan tenang, sama seperti kalau habis berolahraga. Tertawa melatih diafragma torak, jantung, paru-paru, perut, juga membantu mengusir zat-zat asing dari saluran pernapasan. Tertawa juga sangat ampuh untuk meringankan sakit kepala, sakit pinggang, dan depresi. (Dr. William Foy dari Stanford University).

3.Tertawa bisa mengurangi peredaran dua hormon dalam tubuh, yaitu epinefrin dan kortisol yang mengalangi proses penyembuhan penyakit. (Dr. Lee Berk, imunolog dari Loma Linda University di California, Amerika Serikat).

4.Tertawa akan menggerakkan bagian dalam tubuh, mengaktifkan sistem endokrin sehingga mendorong penyembuhan suatu penyakit. Tertawa akan menstilumasi otak untuk memproduksi hormon tertentu yang pada akhirnya akan memicu pelepasan endorfin (zat pembunuh rasa sakit) yang diproduksi oleh tubuh. (Dr. William Frey, pakar biokimia dan direktur Dry Eye and Tears Research Center di Mineapolis, Amerika Serikat).

5.Tertawa bisa membantu para lanjut usia untuk tetap awet muda dan yang muda tetap awet muda, serta mempererat hubungan antara anggota keluarga. (Prof. Dr. Lucille Namehow, pakar yang menangani masalah penuaan dari Connecticut, Amerika Serikat).

Becanda punya prospek yang cukup cerah, dilihat dari gejala alam yang ada sekarang, dimana gunung mulai banyak meletus dan sungai banyak yang meluap, becanda menjadi tren di semua dikalangan saat ini. seiring perkembangan itu becanda saat ini bisa dilaksanakan dalam berbagai media:

Mouth to mouth (alias ngobrol)
Telpon
SMS
YM
Facebook
Telegram
Morse
tebak2an
april mop
reality show
dan banyak lagi

becanda juga ada jenis-jenisnya:

– becanda ringan; ciri-cirinya membuat orang tersenyum kecil. becandanya yang ringan2 aja
– becanda berat; membuat orang tertawa terpingkal2, becandaannya kelas kakap
– becanda garing; ga lucu, ga ada yang ketawa dan tidak berpengaruh untuk kondisi tertentu
– becanda diem alias becanda dalam hati, becanda ga ngelakuin apa2 hanya dalam hati.
– becanda kelas eksekutif; becandaannya orang kantoran
– becanda kelas ekonomi,
– dan banyak lagi tentunya

Becanda itu merupakan sesuatu hal yang unik, seseorang yang memiliki kemampuan becanda yang baik sadarilah itu adalah kelebihan yang doberikan oleh Allah, namun apabila disalah gunakan pemakainnya maka akan menyebabkan bencana besar bagi kemaslahatan umat.

Becanda merupakan “benda” bersejarah yang dilindungi keberadaannya hingga kini, dan perkembangannya sangat pesat beradaptasi dengan keadaan zaman dan teknologi yang berkembang. becanda memiliki jenis yang beragam, yang dapat dipraktekkan di berbagai lini kehidupan….berhati-hatilah dalam mempraktekannya karena becanda bukanlah sembarang becanda..seperti kat amba melly goeslow..BBB Bukan Becanda Biasa..hehe..317x. ….karena becanda memiliki banyak kekurangan dan banyak juga kelebihannya, maka lakukanlah becanda dengan sebaik2nya, sesuai dengan adab yang ada, dan masih dalam batas lingkaran kewajaran.so..jangan takut untuk becanda..mulailah hari anda dengan basmalah dan sedikit candaan..agar harimu lebih menyenangkan dan bermakna..

————————————————————————————————————————

tulisan ini dibuat oleh ‘duhfikri’ (duet fisika kriya) pada malam jumat yang sedang resah dengan kondisi lingkungan perbecandaan akhir-akhir ini. Semoga bermanfaat…..

special thanks to: jae ho (yang selalu menemani kami dalam setiap rangkaian kata) haha..lebay

Satu pemikiran pada “B+E+C+A+N+D+A= bahagia

  1. very inspiring! (hahahaha..317x)

    makasi buat amin, yang membuat kegiatan ym saya jadi lebih bemakna, bukan maen2 tapi memang menghasilkan sebuah karya…..

    subhanallah..terimakasih atas kerjasamanya

    makasi juga jae ho ya…saya begadang, sambil ngerjain TA..sambil berkarya bikin tulisan sepanjang ini…(dan sambil goyang jae ho-halah yang terakhir becanda)

    semangka!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s