langit dan …..

Aku suka melihat langit. Luas. Biru. Tak terbatas. Langit bisa menyerap sedih. Langit seperti kawan. Langit biru bersih di pagi dalam guyuran cahaya matahari yang hangat adalah favoritku. Jenis langit lain yang aku suka adalah langit sore dengan semburat jingga di mana-mana. Senja bisa menarikku sejenak dari aktivitas yang tengah Aku lakoni. Menyenangkan. Langit malam hari dengan bintang kecil-kecil juga bisa mendatangkan perasaan senang. Dan aku paling suka melihat langit itu sambil tiduran di tepi pantai, saat itulah waktu terasa berhenti berjalan. Dan dunia terasa sangat luas.

Aku suka langit. Sejak dulu. Langit pagi hari, langit biru bersih, langit penuh bintang. Dan ah ya, satu lagi, langit merah jambu.

Aku tak pernah melihatnya hingga tadi malam. Ya, langit merah jambu itu. Saat itu aku dan dia duduk di bangku kayu, langit di atas kepala kami tiba-tiba penuh pulasan warna merah jambu. Aku melihatnya, ya, langit seperti kanvas saat kuas warna merah bercampur dengan warna putih digoreskan di atasnya. Ada satu dua bintang di sana. Dan selain itu, hanya ada kami disana…

Langit makin memerahjambu ketika laki-laki harum matahari itu berusaha menyusun kata. Aku mendengarkannya. Sebuah pernyataan sederhana. Datang dari hati. Dan pulasan merah jambu di langit itu semakin meluas. Dan dadaku sesak dipenuhi rasa bahagia yang sangat.

Aku tersenyum. Melihat langit merah jambu. Menatap wajahnya. Mengingat sebuah kalimat yang pernah diucapkan sahabat dekat … sesuatu yang tertunda itu bukan berarti tak mungkin. Sepanjang malam itu langit tetap merah jambu dengan satu dua bintang.

Dan kalian tahu, saat aku terbangun keesokan paginya, bintang-bintang dari malam merah jambu itu ternyata tertinggal di sini, di mataku. Seorang teman, sore tadi, berkata, hai, mengapa langkahmu terlihat lebih ringan, dan apa itu? aha, ada bintang di matamu.
Ya, aku bahkan tak bisa menyembunyikan pijarnya. Pijar bintang dari celah langit merah jambu kala itu.

Satu pemikiran pada “langit dan …..

Tinggalkan Balasan

