Ukhuwah itu indah dan hangat sehangat mentari di pagi hari yang cerah

Sekitar bulan januari awal tahun 2008 tepatnya di waktu liburan semester ganjil mau genap, kami anak-anak fisika 7 orang, amink, adit, ajenk, thomas, taufik, ady dan eqi (2005) tea membuat sejarah baru buat jurusan fisika terutama buat angkatan, kami adalah sekelompok orang-orang atas nama anak-anak fisika yang mempunyai rencana liburan dengan mengadakan tour 2 kota yaitu Tasikmalaya dan Kuningan. kenapa tujuan dua kota itu? karena beberapa alternatif diantaranya nyari suasana alam yaitu gunung di tasik dan tempat wisata alami di kuningan, karena di antara kami juga ada orang asalnya, yauda cocok. sebenernya beberapa alternatif lain seperti kota indramayu ga jadi karena persoalan waktu. gunung ciremai di kuningan juga ga jadi karena terlalu tinggi. sebenarnya juga kita ngajak sebanyak-banyaknya anak fisika, cuma yang bisa ikut hanya 7 orang.

dimulai dengan beberapa briefing yang cukup jelas dan tidak jelas agar merekrut banyak massa, akhirnya kita punya plan yang cukup matang mencakup timeline, alur waktu, alternatif kegiatan samapi beberapa persoalan kecil seperti makan dan transport kita bahas dan kupas abis. Alhamdulillah setelah rencana matang akhirnya kita jadi berangkat dengan niat Lillahita’ala dan tentunya mengeratkan silaturrahmi di antara kita serta nyari pengalaman baru.
di-bis
7-sekawan

rencana berangkat dari bandung jam 1 tapi karena beberapa dan lain hal, kita ngaret 1 jam. sebelum berangkat, moment bersejarah ini di abadikan dulu di depan gerbang BNI. dengan kemera high quality milik adi kita berfoto bersama dengan auto click. perjalanan dari bandung ke tasik memakan waktu hampir 2 jam lebih dengan perjuangan naik angkot cahem ledeng yang lumayan sempit karena kita banyak bawa barang dan perjuangan nyari bis yang nyaman biar bisa istirahat dengan tenang. tapi di bis bukannya istirahat malah banyaknya foto-foto, ngobrol dan gangguin orang karena kitan semua pada berisik kebetulan bis bagian bealakang yang kosong dan jadi daerah kekuasaan kita.

alhamdulillah nyampe di tasik kita langsung di sambut salah satu anggota keluarganya adit, bibinya kalo ga salah. sebelum tiba ke rumah adit, kita harus berjalan sekitar 300 meter melalui jalan setapak yang di samping-sampingnya itu menghampar sawah yang sangat indah terlihatnya dan tak lupa tentunya kita berfoto-foto ria bahkan sama anak-anak kecil juga sempat foto-foto loh. di sana kalo ga salah terjadi peristiwa terjatuhnya proposal kegiatan tour 2 kota ini di sawah yang becek (hi….hi….hi….).

di rumah adit kami semua rehat dengan puas, ada yang makan banyak, mandinya lama dan makan cemilan-cemilan tasik yang khas. dan malamnya kita jalan-jalan ke kota tasik sekalian nganter thomas ngerjain tugas fiskom di warnet, karena kalo ga ngumpulin IP thomas bisa ga 4, bahaya makanya. alhamdulillah semuanya lancar-lancar aja, tak lupa kita juga foto-foto di masjid agung tasik. karena dirasa terlalu malam, maka kita memutuskan pulang untuk mengumpulkan tenaga buat besoknya pergi ke Gunung Galunggung.

subuh pun tiba, detik-detik menuju galunggung pun tiba, dengan berbekal makanan dan minuman yang cukup serta semua udah sarapan akhirnya kita berangkat menggunakan mobil kap warna hijau. karena si adit yg lagi nyetir minta ada yang nemenin 1 orang, maka kita sisanya yang 6 orang melakukan ritual hompimpa, yang kalah tentunya duduk di depan. wah…. saya yang kena, tapi ga pa pa lah. biasa sebelum berangkat kita foto-foto dulu.

setelah nyampe kaki gunung, kita naro mobil di tempat parkir yang disana ternyata ada juga pemandian air panas, tapi waktu itu lagi dikuras sih. wah ternyata cape juga ya naek gunung, 2 jam lebih kita berjalan melalui semak-semak, yang asyiknya tiap berapa menit kita foto-foto, emang pada narsis kayaknya, kita-kita. dan subhanallah setelah tiba di puncak nikmatnya kerasa abis, apalagi setelah menaiki tangga untuk naik puncaknya sekitar 620an anak tangga. selain foto-foto, makan bareng kita juga sukses membuat video klip, lagunya matta, he…. keren banget lagunya. di puncak kita hampir lebih 2 jam. dan setelah puas, akhirnya kita turun gunung.

cape banget deh abis dari gunung itu, tapi karena udah terlalu sore kita maksain juga buat liburan di kota kedua yaitu kotaku kota kuningan. dengan perjuangan yang lebih berat, ke kuningan naik mobil 3/4 yang sempit, panas dan tentunya kita cape banget ini kayaknya perjalanan temen-temen saya yang cukup menyedihkan. hampir 4 jam lebih kita di bis tasik cirebon, kita ‘terpaksa’ naik mobil itu karena udah tanggung, dan memang rumah saya lebih deket ke cirebon. tau ga kita nyampe jam berapa? jam setengah sepuluh nyampenya. setengah sepuluh malem. capek, pegel dan ngantuk kita diobatin di pemandian air panas di sangkanurip kuningan, kita cabut jam 10 malem setelah shalat dan makan. dengan naik motor 3 biji akhirnya berangkat juga. oiya adit ke kuningan ga bisa ikut karena ada acara nikahan temennya anak TK05 tiara namanya.

di kuningan, tepatnya dirumahku anak-anak dihibur dengan acar makan-makan makanan kuningan buatan ibuku, mancing di kolam bapakku, nginep di rumah kakakku, dan main-main ke tempat wisata alam curug sidomba yang lagi naek daun itu. di tempat itu ada mesjid yang bagus, tangga yang banyak buat turun ke curug (banyak yang pacaran euy di sana), ada beberapa hewan aneh dan suasana kaki gunung ciremai yang indah. maknyus lah. tak lupa foto-foto yang banyak dilakuin di sana.

di-curug

jam 2, kayaknya harus segera cabut ke bandung. akhirnya setelah puas wisata di 2 kota itu, kami menuju ke bandung dengan bawa oleh-oleh tentunya. oleh-oleh kuningan sirup campolai.

akhirnya, 3 hari yang menyenangkan kita lalui bersama, pengalaman yang tak akan terlupakan. wuih…asyik, kapan lagi ya? moga-moga kita bisa bareng-bareng lagi jalan-jalan kayak gini, oke deh ceritanya segini dulu aja. sip ya…..

amink 4 kenangan indah di fisika.