Mari beramal dengan Jariyah ke Masjid

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

PANTIA PEMBANGUNAN

MASJID JAMI’ AL-FALAAH DESA TIMBANG KECAMATAN CIGANDAMEKAR

KABUPATEN KUNINGAN PROPINSI JAWA BARAT

INDONESIA

1. Latar Belakang

Masjid adalah merupakan sarana selain sebagai pusat ibadah juga memiliki multi manfaat yaitu sebagai pusat dakwah dan syiar agama islam, sebagai pusat pendidikan agama, sebagai pusat kegiatan remaja, sebagai pusat informasi dan manfaat lainnya.

Masjid yang dibangun atas dasar taqwa semenjak permulaanya, lebih hak bila kita berdiri di dalamnya. Di dalamnya terdapat orang-orang yang gemar mensucikan dirinya, Allah menyukai kepada orang-orang yang mensucikan dirinya.

Masjid yang paling pertama didirikan yaitu mesjid Quba di Madinah pada awal beliau hijrah, itulah fungsi pokok masjid yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW dan sejak perjalanan Rasulullah SAW merupakan suri tauladan bagi pribadi kita semua demi berkembangnya syiar Islam.

Mengambil Dari beberapa hal tersebut di atas kami ingin mewujudkan Pembangunan Masjid Jami’ Al-Falaah Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar.

2. Dasar Hukum

2.1. Firman Allah SWT

> “Hanyalah mereka yang memakmurkan mesjid-mesjid Allah yaitu orang-orang yang beriman kepada Allah dan percaya pada hari-hari kemudian serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut kepada siapapun kecuali pada Allah, maka merekalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Q.S. At-Taubah, ayat : 18).

> “Sesungguhnya masjid yang didirikan di atas dasar taqwasejak hari pertama didirikannya adalah lebih patut kamu beribadah di dalamnya, adalah orang-orang yang cinta dengan kesucian, Allah mencintai orang-orang yang mensucikan diri. (Q.S. At-Taubah ayat : 108).

2.2. Hadits Nabi Muhammad SAW:

> “Barang siapa membangun masjid dengan dasar karena Allah, maka Allah akan membangun rumah di surga yang diperuntukkan baginya. (H.R. Muslim).

> “Sesungguhnya masjid itu untuk tempat mereka yang sudah dalam kehidupan menurut ajaran Allah, ingat pada-Nya dan untuk membaca Al-Qur’an. (H.R. Muslim dari Anas R.A.).

2.3. Aspirasi warga masyarakat Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat Indonesia.

2.4. Hasil keputusan musyawarah Panitia Pembangunan Masjid Jami’ Al-Falaah Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat Indonesia.

2.5.bKeputusan Kepala Desa Timbang No. 141/Kep. 06-PEM/2004 tanggal 10 Desember 2004 tentang Pembentukkan dan Pengangakatan Panitia Pembangunan Masjid Jami’ Al-Falaah Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat Indonesia.

III. Dasar Pemikiran

3.1.vKemudahan dan Peluang

– Masyarakat / warga masyarakat Desa Timbang siap bergotong royong untuk pembangunan masjid yang merupakan modal dasar dan tulang punggung kegiatan baik yang berdomisili di Timbang maupun yang berada di perantauan di dalam dan di luar negeri.

– Usaha lain adalah berusaha mencari sumbangan kepada para donatur baik masyarakat umum dan pemerintah.

– Tersedianya para tenaga teknisi pembangunan dalam suksesnya kegiatan pembangunan baik tenaga administrasi maupun tenaga teknisi yang lainnya.

3.2. Kelemahan dan tantangan

– Masih terlalu minimnya dana yang tersedia.

– Masih ditemukan perbedaan pemahaman dan tingkah laku yang kurang kondusif.

– Masih terjadinya mendahulukan kepentingan pribadi atau golongan.

– Kurangnya kekompakkan, koordinasi, komunikasi dan konsultasi antara berbagai tingkatan.

– Masih terjadinya kesulitan hubungan timbal balik dengan para donatur yang tersebar terutama dengan para birokrasi pemerintah dan pihak swasta.

3.3. Hasil yang Diharapkan

Walaupun ada kemudahan dan peluang dibarengi adanya kelemahan dan tantangan tetap kami mempunyai harapan dan menjunjung tinggi pada visi kami yaitu dapat “Terwujudnya Pembangunan Masjid Jami’ Al-Falaah yang Megah, Indah, Bermulti Manfaat dan Islami” dengan dijembatani dengan Pembangunan Mesjid Jami’ Al-Falaah ini mampu mengarahkan masyarakat Desa Timbang bersatu padu dalam kebersamaan.

IV. Maksud dan Tujuan

4.1. Maksud

Maksud pelaksanaan kegiatan adalah mempersiapkan Pembangunan masjid Jami’ Al-Falaah Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat Indonesia sesuai dengan visi yaitu “Terwujudnya Pembangunan Masjid Jami’ Al-Falaah yang Megah, Indah, Bermulti Manfaat dan Islami”.

4.2. Tujuan

a. Tujuan Umum

Terwujudnya Masjid Jami’ Al-Falaah Desa Timbang sesuai dengan visi dalam point No. 1.4.a. untuk menggelorakan semangat persatuan dan kebersamaan dalam membina masyarakat dan masjid sebagai pusat multi kegiatan di masa yang akan datang.

b. Tujuan Khusus

– Meningkatkan Pembinaan dan Pendidikan bagi seluruh warga masyarakat.

– Memberikan pengajian dan penerangan agama bagi seluruh warga masyarakat.

– Menyampaikan pemahaman tentang pentingnya beribadah bermasyarakat berbangsa dan bernegara (ibadah dan muamalah).

– Memacahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat.

– Menggunakan pembangunan masjid sebagai sarana dan pusat kegiatan Agama bagi seluruh warga masyarakat.

V. Nama, Waktu dan Tempat

5.1. Nama Pelaksanaan Kegiatan

Nama pelaksanaan kegiatan adalah “Pembangunan Masjid Jami’ Al-Falaah Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat Indonesia”.

5.2. Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Waktu pelaksanaan kegiatan Pembangunan Masjid Jami’ AL-Falaah Desa Timbang dimulai dari bulan Januari 2005 M sampai dengan bulan Desember 2010 M yang dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan sesuai dengan kemampuan.

5.3 Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Tempat pelaksaan kegiatan Pembangunan pada lokasi mesjid semula dan dibangun total seluas 30 x 50 m2 = 1500 m2 (lebih luas dari masjid sekarang).

VI. Sumber Dana

Biaya pelaksanaan kegiatan Pembangunan Masjid Jami Al-Falaah Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat Indonesia bersumber dari:

  1. Warga Masyarakat Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat Indonesia.

  2. Hasil keropak masjid tiap hari jum’at, Hari Idil Fithri, Hari Idil Adha dan pelaksanaan peringatan Hari Besar Islam serta kegiatan-kegiatan insidental dalam rangka pengumpulan dana pembangunan.

  3. Warga masyarakat Desa Timbang yang merantau di Seluruh Indonesia dan di Luar Negeri.

  4. Para donatur dan dermawan yang berada di Kecamatan Cigandamekar, di Kabupaten Kuningan, di Propinsi Jawa Barat dan donatur dari Indonesia serta Penduduk Luar Indonesia (sangat terbuka untuk siapapun).

  5. Kaum Muslimin dan Muslimat, para dermawan dan donatur serta simaptisan di manapun berada.

  6. Pihak pesrusahaan yang berkenan untuk berzakat, infaq dan shodaqoh atau lain-lain untuk kegiatan pembangunan masjid.

  7. Pihak pemerintah tingkat desa, Kecamatan, Kabupaten, Propinsi dan Pemerintahan pusat serta kantor-kantor Duta Besar di Indonesia dan Luar Negeri.

  8. Usaha lain yang sah, halal, tidak mengikat dan yang diperbolehkan oleh agama dan negara.

VII. Rencana Gambar

Terlampir

VIII. Rencana Anggaran Biaya

Terlampir

IX. Panitia

Terlampir

X. Penutup

Demikian proposal ini kami buat sebagai acuan kerja demi suksesnya perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Masjid Jami’ Al-Falaah Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat Indonesia, mudah-mudahan dapat bekerja sesuai dengan proposal ini. Kami hanya dapat berencana Allah SWT yang menentukan. Tidak lupa ucapan terima kasih atas segala bantuan dan partisipasi dari semua pihak.

PANITIA PEMBANGUNAN MASJID JAMI’ AL-FALAAH

Sekretariat: DKM Masji Al-Falaah Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat Indonesia

CP: Amin (085624512343)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s