Waktu itu laksana pedang

Sebuah kata mutiara yang saya kutip dari buku “Warisan Tokoh-tokoh Muslim”. Lengkapnya adalah sebagai berikut:

“Waktu itu laksana pedang, jika Anda tidak mempergunakannya maka dia akan memenggal leher Anda sendiri (Ali bin Abi Thalib)”

Sadar atau tidak kita ini — termasuk saya juga -) — sering bermain-main dengan waktu. Kalau dihitung dengan uang, barangkali sudah tidak terhitung lagi berapa banyak kerugian yang kita derita.

Begitu berharganya waktu, sampai-sampai Umar bin Khatab pernah mengatakan bahwa ia tidak suka melihat orang yang berdiam diri tanpa melakukan sesuatu yang mendatangkan manfaat ukhrawi maupun duniawi.

 

Ada beberapa fenomena yang sering terjadi di masyarakat yang berhubungan dengan waktu.

1. Kurang memahami nilai waktu

Waktu adalah sesuatu yang termahal yang dimiliki oleh manusia, karena ia datang untuk tidak kembali lagi. Sehubungan dengan hal ini, syaikh Hasan Al-Bashri mengatakan,

“Wahai anak cucu Adam,kamu tak lebih dari tumpukan hari-hari. Setiap kali satu hari berlalu, berlalu pula sebagian dirimu”

Akibat dari kurang memahami nilai waktu, seseorang akan kehilangan perhatian untuk menata dan mengatur waktu sesuai dengan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

2. Hidup santai

Kebiasaan hidup nyantai dan berleha-leha adalah kurang baik ditinjau dari sisi efisiensi waktu. Hal ini akan menjebak seseorang untuk tidak menyelesaikan pekerjaan pada waktu ia bisa melakukannya.

Dia akan berkilah, “Biarlah pekerjaan ini saya kerjakan nanti saja, toh saya masih punya banyak waktu. Sekarang saya ingin santai dulu.”

3. Optimisme berlebihan

Sikap optimis adalah sangat bagus. Namun demikian optimis yang tanpa perhitungan justru akan merugikan diri sendiri.

Seringkali kita terlalu optimis bahwa kita bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dalam tempo sekian jam atau sekian menit. Sementara itu kita sendiri justru jarang untuk mengkalkulasi kemampuan yang kita miliki serta waktu yang tersedia.

“Barang siapa mempercayai waktu ia pasti akan tertipu (Al Ahnaf bin Qais)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s