Asam Laktat VS Pegal, kram dan cepat lelah saat olahraga

Asam laktat menumpuk karena aktivitas tubuh yg keras tanpa diiringi pasokan
oksigen yg cukup sehingga otot mengambil bahan bakar dari glukosa yang
disimpan tubuh. Pemecahan glukosa oleh tubuh menimbulkan penumpukan asam
laktat yang menimbulkan nyeri dan kelelahan.

Untuk meningkatkan aktivitas tubuh dengan menunda penumpukan asam laktat,
tubuh harus dilatih dgn aktivitas aerobik secara rutin. Aerobik (yg artinya
“dengan udara”) meningkatkan kapilarisasi dengan melancarkan jalan nadi darah
dan melancarkan transportasi oksigen ke otot sekaligus meningkatkan efisiensi
kerja jantung dan paru-paru.

Dengan oksigen yg selalu tersedia untuk aktivitas otot, penumpukan asam laktat
dapat ditunda jauh lebih lama dan stamina menjadi lebih panjang serta tubuh
lebih sehat. Makanya, para praktisi silat sebaiknya jgn cuma latihan silat
doank. “Nafas kretek”nya lebih baik diganti dgn latihan aerobik atau minimal
jogging.

makanya kawand, banyak jogging yak, hayu di sabuga 3x seminggu lah, woke?

About these ads
This entry was published on Desember 10, 2009 at 3:33 am and is filed under Perubahan mendasar!. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

10 gagasan untuk “Asam Laktat VS Pegal, kram dan cepat lelah saat olahraga

  1. yance pada berkata:

    bener bgt tuh….uda lama gk joging malahan pegel2 nih body
    bro!tw gk cara ngilangin nyeri d tulang belakang?

  2. cici pada berkata:

    tanya dong..ada gak vitamin yang dapat mengurangi penimbunan asam laktat dalam otot????

  3. Ping-balik: Asam Laktat VS Pegal, kram dan cepat lelah saat olahraga « Blog Olimpiade Farmasi Sidoarjo

  4. vitamin B1 (thiamin) bisa memperbaiki metabolisme karbohidrat yg menghasilkan tenaga dan mengurangi penumpukan asam laktat pada otot yg mengalami kelelahan.

  5. akbar pada berkata:

    Salam sejahtera

    Aku cma mau nanya aj, apakah nyeri otot karena asam laktat dpat nyerang otot punggung?

    Thanks

    Akbar

  6. Icha pada berkata:

    Bisa disebut asam laktat yang menimbulkan cpek2 itu drmna?artix asam laktat n asalx itu apa?trims

  7. suicide undercover pada berkata:

    gan, infonya yang lengkap dong…

  8. asam laktat di otot disebabkan dari proses pemecahan glukosa dalam tubuh pada saat kita melakukan aktifitas dalam tubuh mba icha…jadi secara otomatis terbentuk. kita kan selalu makan nasi jadi udah pasti asam laktat akan terbentuk bila aktivitas olah raga tidak rutin dilakukan gitu jadi pegel2

  9. ards pada berkata:

    Jadi sebenarnya “masuk angin” itu karna asam laktat yang menumpuk ya?

  10. MOHA SOEDJAK pada berkata:

    Boyok pegel, pergelangan ngilu-ngilu, tidur suka “tindihen”? Tak ada yg lebih gampang untuk menyembuhkan. Tai Chi Quan setengah jam sehari. Jangan berhenti baru sebulan. Setelah setahun nggak mau berhenti sendiri karena anda merasa jadi manusia baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.352 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: